Minggu, 22 Februari 2015

10 Tips Berkendara Biker Baik

Biker tentu naik motor. Jalan raya adalah tempat bagi biker buat menuhin hasratnya untuk naik kuda besi. Selain buat kerja tentunya! Motor merupakan pilihan bagi pengendara yang ingin kepraktisan. Motor juga hal yang tak tergantikan bagi biker sejati.

Seiring berjalannya waktu dengan penyempurnaan berbagai tehnologi yang di terapkan pada motor maka motor masa kini mempunyai banyak jenis dan fungsi serta keguanaannya. Tapi tetap aja fungsi utamanya memindahkan penunggang kuda besi dari satu tempat ke tempat yang lain.

Jalan raya juga bisa menjadi medan tempur bagi para biker. Keep safety dan selalau berhati-hati. Berikut 10 tips berkendara yang baik untuk diri sendiri dan orang lain:

1. Persiapkan motor yang akan digunakan untuk berkendara.
Memeriksa setiap elemen penting motor ketika akan berkendara menjadi hal yang wajib dilakukan bila ingin selamat di jalan raya. Banyak hal yang dianggap sepele tapi justru bisa menjadi bumerang bagi biker sendiri. Nih yang harus di periksa kalau mau geber motor:
  • Rem . Pastikan berfungsi dengan baik
  • Oli. Pastikan Oli mesin pastikan cukup tidak kurang dan tidak lebih dari ukuran seharusnya.
  • BBM. Kalau bisa full tank biar nggak antri kalau bbm lagi mahal.
  • Ban. Periksa tekanan ban. Pastikan tekanan angin dalam ban sesuai.
  • Lampu dan idikator pada motor. Hal ini penting sekali apalagi kalau bepergian pada malam hari.
  • Spion. Pake spion masbro biar bisa liat keadaan belakang tanpa menoleh berlebihan.
2. Gunakan pelindung diri.
Ini juga penting apalagi kalau musim hujan tiba. Selalu persiapkan jas hujang di jok bila musim hujang. Kalau air turun tinggal pakai aja. Gunakan jaket sebagai pelindung tubuh, helm, sarung tangan, dan sepatu. Kalau perlu pakai pelindung siku, lutut dan lainnya.

3. Sikap ketika berkendara.
Jalan raya bukan milik kita seorang ada bermacam pengguna di situ mulai dari sepeda ontel sampai mobil mewah. Nggak usah ngurusi perilaku bekendara orang perhatikan saja sikap kita ketika berkendara.

4. Menjaga jarak berkendara.
Ini juga penting ketika berkendara. Jangan terlalu dekat dengan pengguna jalan lain. Siapa tahu mobil di depan berhenti mendadak dan kita tidak sanggup menghindar walaupun rem sudah diinjak sekuat tenaga karena jarak motor yang telalu dekat dengan pengendara lain.

5. Patuhi rambu lalu lintas.
Rambu-rambu dibuat sebagai bentuk peringatan dan pemberitahuan kepada pengguna jalan. Tidak asal tempel aja tuh.

6. Pastikan kondisi tubuh FIT.
Naik motor itu melelahkan. Jadi pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan bugar. Jangan karena memaksa naik motor malah berabe. Berapa banyak pengendara motor dan mobil yang kecelakaan gara-gara hanya tidak mau istirahat sejenak karena mengantuk?

7. Jangan gunakan gadjet ketika berkendara.
Menjawab telpon ketika sedang berkendara adalah tindakan bodoh dan tidak bertanggung jawab apalagi naik motor. Kalaupun terpaksa mengangkat telpon silahkan arahkan motor ketepi jalan nah ngomong de sampek berbusa. Yang nggak habis pikir banyak pengendara yang tangan kanannya pegang stang eh tangan kirinya mencet-mencet hp sambil clingak-clinguk lihat depan ama bawah. bahkan bawa motor ke sisi jalan yang lain nggak nyadar gara-gara hp doank. Minggir bro... berhenti matiin motor baru sms an.

8. Fokuskan pikiran.
Dengan fokus dan konsentrasi ketika berkendara maka pikiran tidak akan melayang kemana-mana. Yang dirumah atau dikantor biarkan ditempatnya. Sekarang sedang naik motor itu yang dipikir bukan yang lain. Kreditan apa kek di urus nanti. jiahaha.

9. Posisikan diri senyaman mungkin.
Memposisikan diri senyaman mungkin ketika naik motor membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tidak tegang. Memperlambat rasa capek sehingga bisa berkendara dalam waktu yang lama.

10. Berdoa.
Ini yang paling penting. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di jalan raya. Dengan berdoa setidaknya kita sudah meminta tuhan untuk melindungi kita. Selebihnya kita tidak tahu.

Okay demikian 10 tips dan cara berkendara yang baik dan benar di jalan raya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar